Minggu, 05 September 2010

Contoh Aplikasi Billing Warnet

Entah beberapa hari ini saya lebih suka bernostalgia dengan program-program delphi yang pernah saya buat mulai dari semester 2 sampai semester sekarang ini. Kali ini adalah program atau aplikasi delphi yang kali pertama saya buat. Bisa dikatakan program ini sangat sederhana, kualitasnya juga tidak begitu baik. Saya sama sekali tidak menyarankan untuk menggunakan program delphi ini. Program ini adalah program billing yang bisa digunakan untuk billing warnet,game center, rental komputer dan billing warnet wifi (didaerahku ada loh warnet wifi, jadi orang yang dateng harus bawa laptop sendiri. Per jamnya 1000 perak -solusi hemat bagi yang punya laptop). Karena ini program awal saya (bukan proyek, tetapi hanya pekerjaan pribadi saja) banyak sekali bugs, saya tidak bisa menjelaskan satu persatu, karena saya sendiri malah tidak bisa mengenali bugs itu. Akhirnya program tersebut berhenti dikembangkan. Hebatnya (saya kira begitu) program ini berhasil dikembangkan sampai versi 1.5. Ada beragam versi, mulai versi biling dengan database access, sampai dengan flat database(menggunakan text biasa sebagai penampung data). Anda bisa mendownload source code dan file binarinya

Fitur program ini sebagai berikut:

  • Flat Database feature
  • Skin yang mudah diganti-ganti, seperti winamp. Skin ini menggunakankomponen SuiSkin
  • 21 Client yang bisa di handle
  • Multi Operator, biasanya warnet buka 24 jam sehari, untuk itu diperlukan pergantian shif, maka program ini support multi operator, meskipun pada tahap yang paling sederhana :)
  • Smart Recovery, fitur ini digunakan untuk mengembalikan data-data biling jika komputer crash atau listrik down.
  • Optimasi penggunaan memory komputer
  • Quick notes feature yang digunakan untuk mencatat hal-hal penting.
  • Report feature

Versi biling ini adalah 1.5 Updated, untuk versi dibawahnya hilang entah kemana. Sekali lagi program delphi ini adalah program pribadi, lebih kepada experimen dan kepuasan pribadi. Jadi jangan ditertawakan atas kejelekan dan kekurangan contoh program delphi ini.

PS: sebagai catatan, biling warnet ditulis dengan delphi 7, kemungkinan besar bisa dibuka dengan menggunakan delphi 5 atau 6 tetapi saya belum mencobanya. Billing ini menggunakan skin atau komponen tambahan yang perlu diinstall pada delphi. Nama komponen skinnya adalah Sui Skin, silahkan cari di internet. Jadi sebelum membuka source code program delphi ini, pastikan dulu anda sudah menginstall suiskin.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

tidak bisa di download...

mohon kirimkan ke ariprahman@ripina.com

atau link download baru.

terima kasih

Adi Purnata mengatakan...

mas tolong kirimin ke email saya donk....
Purnata.Adi@Gmail.Com
terima kasih

Unknown mengatakan...

Gan link nya erorr neh

Rooney Haryanto mengatakan...

gak nisa di download maz.....