Sabtu, 24 Mei 2008

Tutorial Koneksi Delphi Dengan Database MySQL Server Menggunakan Zeos, MyDAC,MyODBC,dbExpress

Koneksi Delphi dengan MySQL mungkin bagi beberapa orang terutama pemula adalah hal yang susah, minimal lebih sulit dibandingkan harus membuat koneksi dengan MsAccess dan atau MS SQL Server. Apakah pendapat itu salah oh saya rasa tidak juga.

Untuk melakukan koneksi kita memerlukan komponen tambahan untuk delphi, apakah harus menginstal komponen tambahan? gak harus kok santai aja kamu bisa pakai komponen dbExpress.

Namun jika nekat(lo kok istilahnya nekat sih) mau instal komponen baru2 itu antara lain MySQLDAC dan ZEOS, pilih satu aja mas tapi untuk pemula gampangnya ya milih yang MYSQLDAC gak ribet instalasinya, tapi kalo yang bagus ya ZEOS cuman instalasinya bikin kamu sebel (bagi yang gak mudeng, hehehehe).

Baiklah sebenarnya saya ingin buat tutorial sendiri yang simple tapi mengena, tapi gak jadi deh berhubung udah banyak rekan2 yang membuatnya makanya aku gak jadi hehehee (bilang aja kalo gak bisa hen!, wah jangan nyindir dong (^-^) ). Sebagai gantinya berikut ini link 2 yang akan membantu kamu melakukan koneksi Delphi dengan database MySQL OK ?


Smoga bisa bermanfaat buat semuanyay...

Tidak ada komentar: